Membuat Layar Laptop Tetap Menyala

On 88/100:5

Pernahkan sobat memakai laptop dalam jangka waktu tertentu layar laptop mati, atau laptop sleep sendiri. Tenang mungkin laptop sobat dalam setingan penghemat daya.

Pengaturan daya pada laptop agar laptop tetap dalam kondisi optimal itu baik. Tapi ketika suatu saat sobat mengerjakan suatu pekerjaan yang mengharuskan laptop tetap menyala itu akan menjadi masalah. Lalu apakah layar laptop dapat hidup terus?

Yups, membuat layar laptop hidup terus menerus bisa dilakukan dengan cara manual melalui sistem maupun dengan bantuan aplikasi. Berikut adalah dua cara yang mudah dilakukan agar layar laptop tidak mati alias “on” terus.

1.Masuk Control Panel

Cara pertama untuk membuat layar laptop tetap hidup yaitu sobat harus membuka Control Panel untuk mengatur daya. ikuti lagkah berikut ini:

  • Pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options, kemudian pilih menu “Change when the computer sleeps”.
  • Pada pengaturan “Turn off the display” dan “Put the computer to sleep”, ubah durasi waktunya ke “Never“.
  • Kemudian klik “Save changes” untuk menyimpan pengaturan.

Selesai, simple bukan untuk mensetingnya. Sekarang layar laptop sobat akan tetap hidup meskipun sedang tidak digunakan.

Sobat dapat melakukan restore ke pengaturan semula jika aktivitas yang membutuhkan layar yang terus menyala telah berakhir. Untuk melakukannya, sobat cukup mengklik opsi “Restore default settings for this plan“.

2.Menggunakan Aplikasi

Selain melalui penyetelan sistem, sobat juga dapat membuat layar laptop tetap hidup dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi tersebut adalah Caffeine (Khusus untuk MacOS).

Caffeine bekerja dengan cara menekan tombol F15 setiap 59 detik (diatur secara default setelah aplikasi mulai diaktifkan), sehingga sistem berpikir sobat masih menggunakan komputer. Dengan demikian, sistem tidak akan mengunci layar atau mengaktifkan screensaver. Atau sobat dapat menyetel perintah “-useshift –” perintah ini sama dengan F15.

Jika sobat masih bingung, sobat bisa melihat toolbar yang bergambar kopi. Untuk dapat mengunakannya sobat cukup klik 2 kali ikon kopi yang berarti untuk sementar program dinonaktifkan. Dan untuk mengaktifkan kembali klik dua kali ikon kopi.

Nah, itulah dua cara agar layar laptop menyala terus. Perlu diingat bahwa membuat layar laptop terus menerus hidup bisa menguras daya cukup banyak. Selain itu, bukan tidak mungkin layarnya mengalami masalah jika terlalu sering dipaksa menyala terus-menerus.

Semoga sobat bijak dalam mengunakan pengaturan ini, agar laptop sobat selalu dalam kondisi prima.

Tentang Penulis

Ibnu

Related Post

Leave a Reply