3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut

On 88/100:5

Ketika sobat sering melakukan selancaran di internet menggunakan laptop, pasti sobat akan mampir kesebuah situs untuk sekedar menonton film, mencari referensi untuk tugas kuliah, atau mencari aplikasi terbaru untuk laptop sobat.

Tanpa sobat menyadari saat melakukan unduhan di dalam internet, sobat tidak sengaja mengeklik halaman yang disarankan ketika akan mengunduh file tertentu. Ketika itu pula laptop sobat dapat tersusupi oleh virus atau malware.

Dari sekian banyak virus atau malware yang ada, virus shortcut adalah virus yang paling menjengkelkan, bukan?. Virus ini akan menginfeksi file directory laptop sobat, bahkan virus ini dapat menular melalui perantara Flasdisk. Virus shortcut akan menyembunyikan file sobat dan mengantinya dengan file shortcut yang tidak bisa dibuka.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Untuk itu, guna mengatasi masalah tersebut, simak ulasan lengkap cara menghilangkan virus shortcut di bawah ini!

1.Melakukan Show hidden files

Hal pertama yang bisa sobat lakukan yaitu dengan melakukan Show hidden files dengan menggunakan windows. Caranya buka control panel pada windows sobat, lalu pilih folder options dan masuk ke dalam tab view. Setelah itu, lakukan langkah-langkah untuk memunculkan file yang tersembunyi akibat virus dengan mengklik “Show Hidden files”. Dengan melakukan langkah ini, bisa dipastikan file yang ter-hide akibat virus shortcut akan muncul.

2.Melakukan Remove Attribute

Langkah yang kedua yaitu melakukan remove attribute. Caranya yaitu dengan menggunakan Command Prompt pada start menu. Jika fitur tersebut sudah muncul, masuk kedirectory sobat yang kena virus shortcut. Misalnya directory D, maka cukup ketik D: lalu tekan enter. Jika sudah masuk ke directory D, langkah selanjutnya yaitu melakukan pembersihan attribute dengan menuliskan “Attrib –s –h –r /s /d” setelah itu tekan Enter.

3.Menghapus Virus Dari Storage Device

Langkah terakhir yang bisa sobat lakukan yaitu dengan menghapus virus shortcut menggunakan anti-virus. Sobat bisa gunakan anti-virus yang paling sobat sukai. Sobat cukup melakukan scanning dan virus pun akan otomatis terdeteksi.

Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan virus shortcut pada laptop, semoga laptop sobat selalu prima untuk digunakan sehari-hari.

Tentang Penulis

Ibnu

Related Post

Leave a Reply