5 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

On 90/100:4

Setiap pengunaan smartphone baterai adalah salah satu komponen yang sering menjadi keluhan para pengguna, termasuk sobat bukan?. Saat ini banyak smartphone keluaran terbaru yang mengutamakan kapasitas baterai diatas 4.000 mAh.

Menurut Om Nuu, sebesar apapun kapasitas baterai di smartphone sobat tidak terlalu pada boros atau hematnya baterai smartphone sobat.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai smartphone Android menjadi boros. Namun, tahukah sobat sebenarnya ada cara untuk menghindari hal tersebut. Berikut beberapa penyebab baterai smartphone Android menjadi boros dan cara mengatasinya:

1.Aplikasi yang Terus Berjalan

Tanpa kita sadari ternyata banyak aplikasi dan fitur dari smartphone sobat yang dapat membuat smartphone menjadi boros. Mereka adalah aplikasi dan fitur smartphone tetap berjalan walaupun kita tidak sedang membukanya.

Sobat bisa mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai paling banyak dengan cara pergi ke pengaturan baterai. Di sana terdapat informasi yang menunjukkan aplikasi-aplikasi yang berjalan lengkap dengan besaran daya baterai yang telah mereka konsumsi.

Salah satu cara menanggulanginya dengan kita bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi tidak penting. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan factory reset. Dua cara itu diyakini bisa mengurangi baterai boros.

2.Google Play Services

Menurut survey Google Play Services adalah salah satu penyumbang terjadinya pemborosan baterai smartphone sobat. Google Play Services adalah aplikasi dari google yang akan terus berjalan dan tidak bisa dihilangkan.

Cara menanggulangi masalah ini dengan Clear cache, yaitu akses menu Settings > Applications > All > Google Play Services. Setelahnya, tekan Clear cache. Hal itu dapat memperbarui aplikasi tersebut dan menghentikannya memakan daya baterai yang besar.

3. GPS Aktif

GPS selalu dalam kondisi aktf juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai smartphone sobat cepat habis. Jika fitur ini tidak dimatikan, sistem akan terus bekerja mengupdate lokasi di mana sobat berada.

Salah satu aplikasi yang membutuhkan GPS adalah google maps. Google Maps berfungsi untuk menujukkan lokasi yang sobat cari. Jika GPS tidak sedang digunakan, pastikan untuk mematikan GPS dan menutup aplikasi tersebut.

4.Tingkat Kecerahan Layar yang Berlebihan

Setiap smartphone memiliki pengaturan kecerahan secara manual atau otomatis. Tujuannya agar sobat dapat melihat layar smartphone pada saat kondisi terik maupun gelap.

Biasanya saat terkena cahaya matahari layar akan menjadi tidak bisa terbaca, saat itulah sobat harus menaikkan kecerahan layar. Ternyata hal ini adalah salah satu penyebab utama mengapa daya baterai lebih cepat terkuras.

Untuk meminimalisir hal ini, matikan pengaturan cahaya otomatis. Segera atur kembali tingkat kecerahan hp kita serendah mungkin (cukup untuk bisa membaca layar di dalam ruangan) setelah aktivitas di luar ruangan selesai secara manual.

5.Sinyal Tidak Stabil

Banyak sobat yang tidak menyadari bahwa kestabilan sinyal dapat mempengaruhi pemakaian baterai. Smartphone akan menggunakan lebih banyak daya saat mencoba terhubung di area dengan sinyal rendah.
Jika smartphone sobat terasa panas ketika didalam saku atau tertindih bantal saat tidur itu karena HP sobat bekerja keras untuk mendapatkan sinyal yang baik.

Jika kita tidak bisa mendapatkan sinyal, sebaiknya nyalakan mode pesawat (airplane mode) agar daya ponsel tidak terkuras cepat. Kemudian restart koneksi seluler ketika sudah berada di area dengan jangkauan sinyal yang lebih baik.

Itulah 5 penyebab baterai hp atau smartphone cepat habis dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga tips ini dapat membantu sobat, agar sobat lebih bijak dalam menggunakan smartphone.

Tentang Penulis

Ibnu

Related Post

Leave a Reply